Pemantauan dan Pemeliharaan Rutin IPAL Puskesmas

Pemeliharaan IPAL Puskesmas

Instalasi Pengolahan Air Limbah atau yang lebih kita kenal sebagai IPAL adalah Sarana pengolahan air limbah agar tidak mencemari lingkungan, Puskesmas sebagai salah satu penghasil limbah cair seperti kegiatan cuci alat kesehatan, kegiatan MCK dan kegiatan laboratorium maka wajib memiliki IPAL dan harus melakukan treatment pada air limbah yang dihasilkan sebelum dibuang ke badan air seperti sungai atau kali/aliran air. IPAL dikelola oleh Puskesmas dan menjadi tanggungjawab Petugas Kesehatan Lingkungan/Sanitarian sebagai operator IPAL.Tujuan IPAL adalah penyaring dan membersihkan alir limbah yang dihasilkan sesuai dengan baku mutu yang diperbolehkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup, jika kadar kimia dan bakteri melebihi ambang batas maka harus dilakukan treatment lagi sehingga hasil angkannya memenuhi baku mutu. Puskesmas Cipadu telah memiliki IPAL sejak bulan Juni tahun 2018, Sanitarian rutin melakukan pemeliharaan serta perawatan IPAL yang meliputi :
1. Pemantauan debit air limbah yang dilakukan setiap hari
2. Pemeriksaan sampel air limbah ke Labkesda Kota Tangerang
3. Pengecatan main hole
4. Pemeriksaan fungsi radar otomatis dan fungsi pompa, filter dan sinar UV
5. Pemberian bakteri
6. Backwashing atau pembersihan filter 
Adapun biaya dibebankan kepada Puskesmas dengan anggaran yang telah ditetapkan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah 
Landasan hukum IPAL 

  • UU Nomor . : 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
  • PP Nomor : 82 Tahun 2001 tentang  Pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air .
  • Keputusan Menteri L H Nomor : 37 Tahun 2003 tentang Metoda analisis kualitas air permukaan dan pengambilan contoh air permukaan .
  • Keputusan Menteri LH Nomor : 110 Tahun 2003 tentang Pedoman penetapan daya tampung  beban pencemaran air pada sumber air . 
  • Keputusan Menteri LH Nomor :111 Tahun 2003 tentang Pedoman mengenai syarat dan tata cara perizinan serta pedoman kajian pembuangan air limbah ke air atau sumber air .
  • Keputusan Menteri LH Nomor : 112 Tahun 2003 tentang Baku mutu air limbah domestik  .
  • Keputusan Menteri LH Nomor : 52 Tahun1995 tentang Baku Mutu Limbah Cair bagi kegiatan Hotel Keputusan Menteri LH Nomor : 58 Tahun 1995 tentang Baku Mutu Limbah Cair bagi kegiatan Rumah Sakit Peraturan Pemerintah  R . I . Nomor :27 Tahun 2006 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan . Peraturan Menteri L H Nomor :11 Tahun 2006 tentang Jenis Rencana Usaha dan / atau Kegitana yang wajib dilengkapi dengan Analisis mengenai dampak lingkungan .
  • Peraturan Menteri LH Nomor : 13 Tahun 2010 tentang Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup dan Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup .
  • Peraturan Pemerintah Nomor : 16 tahun 2005 tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum 
  • Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 16 / PPT / M / 2008 tentang Kebijakan Strategis Air Limbah .

PT. HARUM TIRTA JAYA  adalah perusahaan yang tetap konsisten hingga saat ini menekuni bidang pengelolaan dan pemulihan fungsi lingkungan atau Jasa Kontraktor Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Waste Water Treatment Plant (WWTP), Water Treatment Plant (WTP), Sewage Treatment Plant (STP) di Jakarta dan seluruh Indonesia. Sejalan dengan semakin pesatnya roda pembangunan di berbagai sektor dan semakin terbatasnya sumber daya lingkungan, maka keseimbangan lingkungan menjadi persyaratan utama dalam sebuah aktifitas pembangunan.

Lingkup Pelayanan :

Jasa Kontraktor IPAL WWTP STP WTP

Memberikan pelayanan jasa perencanaan dan pelaksana [pengadaan dan pemasangan] Jasa Kontraktor Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Waste Water Treatment Plant (WWTP), Water Treatment Plant (WTP), Sewage Treatment Plant (STP). Pada gedung-gedung Perkantoran, Hotel, Puskesmas, Mall, Apartement, Rumah Sakit, Klinik, Labolatorium dan Pabrik, Industri dsb.

Jasa Maintenance IPAL WWTP STP WTP

Memberikan pelayanan jasa perawatan/pemeliharaan berkala secara profesional dan terukur terhadap instalasi dan peralatan Pengolahan Air Limbah & Air Bersih Sewage Treatment Plant (STP), Wastewater Treatment Plant  (WWTP) & Water Treatment Plant (WTP) Pada gedung-gedung Perkantoran, Hotel, Puskesmas, Mall, Apartement, Rumah Sakit, Klinik, Labolatorium dan Pabrik, Industri dsb.

Service & Supply

Memberikan pelayanan jasa Service & Renovasi instalasi dan peralatan, termasuk pengurasan Tangki IPAL WWTP STP WTP serta pelayanan purna jual peralatan yang ditunjang dengan tenaga-tenaga ahli & professional.

Supplier Chemical

Kami menjual bakteri pengurai air limbah dengan harga yang bersaing dimana bakteri ini dapat menguraikan lemak dan minyak, menurunkan Ammonia, COD, BOD, Phospot & menjaga kesetabilan pH serta menjernihkan air limbah

Penyusunan Dokumen Lingkungan

Menyediakan layanan study dan kajian bidang lingkungan AMDAL, UKL-UPL, RKL-RPL , DPLH & Laporan semesteran.

Sampai saat ini PT. HARUM TIRTA JAYA selaku Jasa Kontraktor IPAL WWTP STP WTP. tetap berusaha untuk meningkatkan kualitas usaha dengan perluasan wilayah kerja dan di versifikasi usaha khususnya dalam bidang lingkungan baik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Bekasi (Jabodetabek) maupun di wilayah Indonesia lainnya.

Dengan gugus perencanaan program dan konsistensi usaha, PT. HARUM TIRTA JAYA masih tetap kokoh dan berkembang dan di harapkan pada masa mendatang, akan terus berkembang dan kompetitif dalam menyongsong “Era Globalisasi Ekonomi”. Download Company Profile PT. Harum Tirta Jaya dengan mengklik link ini.

Alamat Kantor :

PT. Harum Tirta Jaya

Ruko Griya Taman Ekclusive Residence No 03 Jl. Suka Karya Kel. Serua Indah, Kec. Ciputat Tangerang Selatan Banten 15414

Telp/Fax. (021) 29313869

e-mail : info@harumtirtajaya.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.