Jual Mesin Reverse Osmosis Untuk Pengolahan Air

RO Industri

Mesin RO Reverse Osmosis merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk menyaring air dengan tujuan agar beberapa kontaminan, Mineral dan ion dalam air tersebut dapat di hilangkan dengan tujuan tertentu.

Dalam bahasa indonesia Mesin RO biasa disebut sebagai mesin osmosis terbalik. Teknologi filter air RO adalah teknologi yang telah lama digunakan oleh NASA yang berkedudukan di Amerika Serikat sebagai alat untuk menyaring air yang kotor atau bau menjadi bersih bebas virus dan bakteri, yang nantinya akan dikonsumsi dan digunakan bagi para astronot yang berada di luar angkasa.

Hal tersebut dilakukan karena terbatasnya pasokan air bersih yang dapat dibawa keluar angkasa. Perangkat filter air RO memberikan hasil akhir berupa air dengan kualitas tinggi yang higienis dan mendekati murni.

Spesifikasi mesin RO untuk mengolah air dengan kualitas sedang :

  1. Tangki air sumber 1000, 2000 atau 5000liter bisa plastik maupun stainless steel.
  2. Pompa treatment Kuningan / Stainless steel.
  3. Multimedia filter – Sand filter dan Manganese filter tube.
  4. Carbon active filter tube.
  5. Water softener filter tube.
  6. Mikrofiltrasi / Sediment filter 0.5mikron.
  7. Mikrofiltrasi / Sediment filter 0.1mikron.
  8. Tangki Penampungan sementara plastik.
  9. Pompa Feeder stainless steel.
  10. Mikrofiltrasi / Sediment filter 0.1mikron.
  11. Pompa Booster stainless steel high pressure 15 bar.
  12. Membran Reverse Osmosis.
  13. Tangki penampungan akhir stainless steel.
  14. Quality adjuster.
  15. Final Polishing filter.

Cara Kerja Mesin Reverse Osmosis

Secara garis besar, mesin ini adalah mesin dengan teknologi terkini yang dapat memurnikan air. Teknologi ini menggunakan membran filtrasi yang mempunyai pori-pori yang sangat kecil dengan ukuran 0.0001 mikron.

Ukuran membran RO yang sangat kecil ini, membuat air murni saja yang dapat melewati pori pori tersebut. Cara kerja dari mesin ini adalah dengan memberikan tekanan kepada membrane semi permeable sehingga air akan di paksa untuk melewati pori pori membrane RO.

Air yang melewati membrane tersebut adalah air yang memiliki kemurnian tinggi dan bebas dari kontaminan yang tidak di inginkan, sedangkan kontaminan akan terhalang atau tersaring pada saringan membrane tersebut. Air yang tidak melewati pori dari membrane yang mengandung kontaminan akan dibuang menjadi air reject.

Gallery RO:

Arti GPD pada mesin filter air minum RO

Banyak orang yang salah dalam melakukan perhitungan jumlah kapasitas dari mesin yang dibuat, Oleh karena itu kami coba menjelaskan satuan ukuran kapasitas yang biasa digunakan pada membran RO atau beberapa sparepart filter air minum lainnya.

Pada beberapa part pengolahan air minum, satuan GPD menjadi satuan yang digunakan dalam menentukan kapasitas alat tersebut. Beberapa alat yang menggunakan satuan GPD antara lain, membrane Reverse Osmosis ataupun mesin yang sudah dirakit.

Arti GPD pada mesin RO atau lampu ultraviolet adalah Galon Per Day, yang berarti berapa galon yang dapat dihasilkan oleh mesin tersebut. GPD atau Galon Per Day menggunakan standar galon dari USA, yaitu galon kecil dengan ukuran 3,78liter/galon. Jadi hitungan Galon yang dimaksud bukanlah Galon standar Indonesia yang 19liter/galon.

Gambar / skema Mesin Reverse Osmosis

Skema Mesin Reverse Osmosis

Berikut skema filtrasi mesin RO undersink :

  1. Sediment filter 0.5mikron
  2. GAC Carbon Filter
  3. CTO Carbon Filter
  4. Pressure pump
  5. Membrane Reverse osmosis
  6. Post Carbon
  7. Mineral Booster
  8. Lampu ultraviolet

Kegunaan mesin Reverse Osmosis dalam berbagai bidang.

Filter membrane Reverse Osmosis sekarang ini merupakan satu teknologi yang sangat banyak dipakai, dikarenakan semakin tercemarnya kondisi air baku dan semakin sulit menemukan sumber air baku atau mata air yang baik.

Oleh karena itu filtrasi menggunakan mesin filter air Reverse Osmosis banyak digunakan untuk mendapatkan air dengan kualitas yang baik. Banyak negara-negara yang telah menerapkan penggunaan membrane RO sebagai salah satu kebutuhan utama mereka dalam mengolah air, baik air bersih maupun air minum. salah satunya contohnya adalah Negara Arab Saudi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan Reverse Osmosis, antara lain:

  • Jika air kualitasnya tidak baik, maka diperlukan adanya pengolahan awal terlebih dahulu, biasanya kita sebut dengan istilah Pretreatment.
  • Air buangan dari filter air RO tidak boleh untuk dimasukan kembali secara langsung kedalam mesin kecuali dengan beberapa pertimbangan. Konsultasikan dengan kami, jenis air yang boleh di sirkulasi kembali.
  • Gunakanlah jenis membran filter yang sesuai dengan kondisi air yang akan di olah.
  • Analisa air sumber sangatlah di anjurkan sebelum merancang mesin tersebut.

Demikianlah penjelasan dari kami, untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami langsung. terima kasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.