Manfaat IPAL Biotech

Manfaat IPAL Biotech

Dibuat berdasarkan cabang ilmu bernama bioteknologi yang mempelajari pemanfaatan bakteri, virus, fungi, maupun mikroorganisme lainnya,Manfaat IPAL Biotech ini dikembangkan sebagai alat biologis yang dapat membantu upaya peningkatan standar hidup manusia. Instalasi pengolahan air limbah jenis biotech ini masuk dalam jenis bioteknologi putih atau abu-abu.

Hal tersebut terjadi karena IPAL biotech merupakan salah satu bentuk ilmu bioteknologi yang diaplikasikan dalam kegiatan industri. Kegiatan itu dapat berupa pengembangan dan produksi senyawa baru beserta pembuatan sumber energi terbarukan. Dengan ilmu ini pula, mikroorganisme yang telah dimanipulasi akan membantu memudahkan produksi dan pengolahan limbah industri.

Kontraktor IPAL Biotech

Di zaman sekarang ini, pembuatan instalasi pengolahan air limbah biotech dilakukan juga dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa peduli masyarakat terhadap kelestarian lingkungan dan pentingnya menjaga keseimbangan alam. Sebab memang tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini sudah banyak pembangunan tempat umum seperti mall, supermarket , apartemen , dan usaha lainnya yang dapat dikatakan berpotensi mencemarkan lingkungan.

Karena pentingnya fungsi IPAL ini maka saat ini sudah saatnya masyarakat mencoba menggunakannya, sekaligus melakukan praktik terhadap wawasan mengenai cara terbaik menjaga lingkungan. Jika masih ragu untuk menggunakan instalasi pengolahan air limbah karena takut kualitasnya tidak sesuai, maka akan lebih baik jika masyarakat segera mencari tau mengenai informasi seputar harga, maupun tempat jual IPAL biotech yang dapat dipercaya.

Adapun lokasi penggunaan instalasi pengolahan air limbah biotech ini, dapat digunakan untuk keperluan pengolahan air limbah di rumah sakit, apartemen, hotel, restaurant, industry perumahan, laboratorium, tempat pemotongan hewan, kantor, puskesmas, klinik, sekolah, asrama, mall, dan tempat-tempat lain.

Sedangkan untuk kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh IPAL biotech ini diantaranya adalah IPAL tidak membutuhkan lahan yang luas, tidak menggunakan tenaga listrik yang besar. Biaya operasionalnya murah, cara pengoperasiannya mudah. Pengendapan lumpur relatif lebih lama dan hasil buangan memenuhi standar baku mutu.

Berhubungan dengan limbah yang dapat diolah menggunakan instalasi pengolahan air limbah biotech ini ada dua jenis limbah. Yang pertama adalah limbah organik, kedua adalah limbah an-organik. Kedua limbah ini memiliki karakteristik yang berbeda untuk dapat diolah oleh IPAL biotech.

  1. Limbah organik.
    Limbah organik merupakan limbah yang terdiri dari bahan-bahan organik seperti bahan-bahan yang berasal dari kegiatan rumah tangga atau kegiatan industri. Limbah ini dapat diuraikan dengan mudah menggunakan proses yang alami. Lalu ada pula limbah pertanian yang mengandung bahan-bahan kimia seperti pestisida dan herbisida.

    Secara umum, sebenarnya limbah organik dapat dikatakan sebagai limbah yang berasal dari makhluk hidup. Seperti hewan, tumbuhan, sampai manusia. Adapun contoh limbah organik yaitu seperti tinja, kertas, kardus, dan masih banyak yang lainnya yang dapat diolah menggunakan instalasi pengolahan air limbah biotech.
  2. Limbah an-organik.
    Limbah ini merupakan limbah yang berasal dari kegiatan domestik. Limbah ini biasanya berasal dari dapur, toilet, air cucian, kotoran manusia. Limbah domestik ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu yang berasal dari air cucian seperti sabun deterjen, minyak, serta pestisida. Ada pula yang berasal dari kakus, seperti sabun, shampo, kotoran manusia, serta air seni.

Ada pula limbah yang berasal dari kegiatan industri pangan, industri kimia, industri logam dan elektronik. Lalu berasal pula dari kegiatan pertambangan yang mungkin mengandung air raksa atau mercury, serta berasal dari kegiatan pariwisata yang biasanya menghasilkan limbah transportasi, dan terakhir ada limbah yang berasal dari kegiatan medis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.