Kontraktor Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Industri

Instalasi Pengolahan Air Limbah Industri

IPAL Industri : Instalasi Pengolahan Air Limbah Industri

Untuk mengolah air limbah industri terlebih dahulu perlu di lakukan identifikasi terhadap hal-hal berikut ini :

  1. Jenis atau karakteristik air limbah
  2. Debit air limbah
  3. Ketersediaan dan kondisi lahan
  4. Target air olahan yang di harapkan

Terkait dengan teknis pengolahan air limbah industri dapat di tentukan tahapan prosesnya, jenis proses dan alat yang di gunakan sebagai berikut:

  1. Tahapan Proses

Pengolahan air limbah biasanya menerapkan 3 tahapan proses yaitu pengolahan pendahuluan (pre-treatment), pengolahan utama (primary treatment), dan pengolahan akhir (post treatment).

Pengolahan pendahuluan di tujukan untuk mengkondisikan alitan, beban limbah dan karakter lainnya agar sesuai untuk masuk ke pengolahan utama.

Pengolahanutama adalah proses yang di pilih untuk menurunkan pencemar utama dalam air limbah.

Selanjutnya pada pengolahan akhir di lakukan proses lanjutan untuk mengolah limbah agar sesuai dengan baku mutu yang di tetapkan.

  1. Jenis proses dan alat pengolahan

Terdapat 3 (tiga) jenis proses yang dapat di lakukan untuk mengolah air limbah yaitu : proses secara fisik, biologi dan kimia.

  • Proses fisik di lakukan dengan cara memberikan perlakuan fisik pada air limbah seperti menyaring, mengendapkan, atau mengatur suhu proses dengan menggunakan alat screening, grit chamber, settling tank/settling pond, dll.
  • Proses biologi di lakukan dengan cara memberikan perlakuan atau proses biologi terhadap air limbah seperti penguraian atau penggabungan substansi biologi dengan biofilter, lumpur aktif (activated sludge), attached growth filtration, aerobic process dan an-aerobic process.
  • Proses kimia di lakukan dengan cara membubuhkan bahan kimia atau larutan kimia pada air limbah agar dihasilkan reaksi tertentu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.